PERANGKAT PEMBELAJARAN
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( R P P )
MATA PELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN
MADRASAH IBTIDAIYAH
KELAS VI SEMESTER 2
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
MI : MIN Tembilahan
Mata Pelajaran : Aqidah Akhlak
Kelas/Semester : V / 2
Alokasi Waktu : 2x40 menit (1 Kali pertemuan)
A. Standar Kompetensi
5. Memahami kalimat thayyibah (Tarji’) dan Al-Asma al-Husna (Al Muhyii, Al Mumiit)
B. Komepetensi Dasar
5.1 Mengenal Allah melalui kalimat thayyibah (Tarji’)
C. Materi Pembelajaran
Pengertian kalimat thayyibah (Tarji’)
Manfaat membaca kalimat thayyibah
D. Metode Pembelajaran
Ceramah : Metode ini digunakan untuk memulai kegiatan pembelajaran terutama untuk kegiatan awal.
Tanya jawab tentang Kalimat Thayyibah yang siswa ketahui
Diskusi
E. Langkah-langkah Pembelajaran
No Uraian Kegiatan Waktu
1
Tujuan Pembelajaran :
Siswa dapat menjelaskan tentang kalimah thayyibah (Tarji’)
Siswa dapat menyebutkan pengertian dan arti kalimat Inna lillahi wainna ilaihi rojiun
Siswa dapat menyebutkan contoh penggunaan lafadz kalimat thayyibah Inna lillahi wainna ilaihi rojiun
Kegiatan awal :
Apersepsi :
Memberikan pertanyaan seputar kalimat thayyibah
Motivasi :
Memberikan informasi tentang kalimat thayyibah
10 menit
2
Kegiatan inti :
Siswa membaca literatur tentang Kalimat Thayyibah (fase eksplorasi)
Bertanya jawab tentang Kalimat Thayyibah (fase eksplorasi)
Siswa diminta berdiskusi : menyebutkan Kalimat Thayyibah (fase elaborasi)
Siswa memaparkan hasil diskusinya (faseelaborasi)
Siswa dan guru merefleksikan hasil pembelajaran (fase konfirmasi)
60 Menit
3
Kegiatan akhir :
Tanya jawab tentang Kalimat Thayyibah
Guru memberikan tugas untuk menghafal salah satu surat pendek sebagai pengamalan
10 menit
F. Sumber belajar dan media pembelajaran :
1. Buku paket
2. Referensi lain
3. Kaset/vcd tentang Sholawat
G. Penilaian
Indikator Pencapaian Kompetensi Jenis Penilaian Bentuk Penilaian Contoh Instrumen
Melafalkan kalimat thayyibah Inna lillahi wainna ilaihi rojiun
Menyebutkan penger-tian kalimat thayyibah Inna lillahi wainna ilaihi rojiun
Menyebutkan arti kalimat thayyibah Inna lillahi wainna ilaihi rojiun
Menunjukkan dalil tentang membaca kalimat tarji’
Menjelaskan manfaat mengucapkan Inna lillahi wainna ilaihi rojiun
Menunjukkan contoh menggunakan lafadz kalimat thayyibah Inna lillahi wainna ilaihi rojiun
Tes tulis
Tes lisan
Non tes
Isian
Uraian
Performance
Sebutkan pengertian kalimat thayyibah Inna lillahi wainna ilaihi rojiun!
Jelaskan arti kalimat thayyibah Inna lillahi wainna ilaihi rojiun!
Sebutkan contoh menggunakan lafadz kalimat thayyibah Inna lillahi wainna ilaihi rojiun!
Mengetahui
Kepala Madrasah
INDRA SABARIANTO,S.Pd.I
NIP.19730820 200501 1 003 Tembilahan , 2010
Guru bidang studi Aqidah Akhlaq
Drs. ZAINAL ABIDIN
NIP. 196212311994031024
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
MI : MIN Tembilahan
Mata Pelajaran : Aqidah Akhlak
Kelas/Semester : V / 2
Alokasi Waktu : 2x40 menit (1 Kali pertemuan)
A. Standar Kompetensi
5. Memahami kalimat thayyibah (Tarji’) dan Al-Asma al-Husna (Al Muhyii, Al Mumiit)
B. Komepetensi Dasar
5.2 Mengenal Allah melalui sifat-sifat Allah yang terkandung dalam Al-Asma al-Husna (Al Muhyii dan Al Mumiit)
C. Materi Pembelajaran
Pengertian Al-Asma Al-Husna Al Muhyii dan Al Mumiit
Hikmah Al-Asma Al-Husna Al Muhyii dan Al Mumiit
D. Metode Pembelajaran
Ceramah : Metode ini digunakan untuk memulai kegiatan pembelajaran terutama untuk kegiatan awal.
Tanya jawab tentang Kalimat Thayyibah yang siswa ketahui
Diskusi
E. Langkah-langkah Pembelajaran
No Uraian Kegiatan Waktu
1
Tujuan Pembelajaran :
Siswa dapat menjelaskan pengertian Al-Asma Al-Husna Al Muhyii dan Al Mumiit
Siswa dapat menghafalkan dan menulis arti Al-Asma Al-Husna Al Muhyii dan Al Mumiit
Kegiatan awal :
Apersepsi :
Memberikan pertanyaan seputar kalimat thayyibah
Motivasi :
Memberikan informasi tentang kalimat thayyibah
10 menit
2
Kegiatan inti :
Siswa membaca literatur tentang Kalimat Thayyibah (fase eksplorasi)
Bertanya jawab tentang Kalimat Thayyibah (fase eksplorasi)
Siswa diminta berdiskusi : menyebutkan Kalimat Thayyibah (fase elaborasi)
Siswa memaparkan hasil diskusinya (faseelaborasi)
Siswa dan guru merefleksikan hasil pembelajaran (fase konfirmasi)
60 Menit
3
Kegiatan akhir :
Tanya jawab tentang Kalimat Thayyibah
Guru memberikan tugas untuk menghafal salah satu surat pendek sebagai pengamalan
10 menit
F. Sumber belajar dan media pembelajaran :
1. Buku paket
2. Referensi lain
3. kaset/vcd tentang Al-Asma Al-Husna
4. Lingkungan sekitar
G. Penilaian
Indikator Pencapaian Kompetensi Jenis Penilaian Bentuk Penilaian Contoh Instrumen
Mendefinisikan Al-Asma Al-Husna Al Muhyii dan Al Mumiit
Melafalkan Al-Asma Al-Husna Al Muhyii dan Al Mumiit
Mengartikan Al-Asma Al-Husna Al Muhyii dan Al Mumiit
Menunjukkan contoh bahwa Allah bersifat Al Muhyii
Menunjukkan contoh bahwa Allah bersifat Al Mumiit
Menunjukkan hikmah membaca Al-Asma Al-Husna
Tes tulis
Tes lisan
Isian
Uraian
Sebutkan pengertian Al-Asma Al-Husna Al Muhyii dan Al Mumiit!
Jelaskan arti Al-Asma Al-Husna Al Muhyii dan Al Mumiit!
Mengetahui
Kepala Madrasah
INDRA SABARIANTO,S.Pd.I
NIP.19730820 200501 1 003 Tembilahan, 2010
Guru bidang studi Aqidah Akhlaq
Drs. ZAINAL ABIDIN
NIP. 196212311994031024
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
MI : MIN Tembilahan
Mata Pelajaran : Aqidah Akhlak
Kelas/Semester : V / 2
Alokasi Waktu : 2x40 menit (1 Kali pertemuan)
A. Standar Kompetensi
6. Membiasakan akhlak terpuji
B. Komepetensi Dasar
6.1 Membiasakan sikap teguh pendirian dan dermawan dalam kehidu-pan sehari-hari
C. Materi Pembelajaran
Pengertian teguh pendirian dan dermawan
Keuntungan bersikap teguh pendirian dan dermawan
D. Metode Pembelajaran
Ceramah : Metode ini digunakan untuk memulai kegiatan pembelajaran terutama untuk kegiatan awal.
Tanya jawab tentang akhlak terpuji yang siswa ketahui
Diskusi
E. Langkah-langkah Pembelajaran
No Uraian Kegiatan Waktu
1
Tujuan Pembelajaran :
Siswa dapat menjelaskan pengertian teguh pendirian
Siswa dapat menjelaskan pengertian materi tentang teguh pendirian dan dermawan
Kegiatan awal :
Apersepsi :
Memberikan pertanyaan seputar akhlak terpuji
Motivasi :
Memberikan informasi tentang akhlak terpuji
10 menit
2
Kegiatan inti :
Siswa membaca literatur tentang akhlak terpuji (fase eksplorasi)
Bertanya jawab tentang akhlak terpuji (fase eksplorasi)
Siswa diminta berdiskusi : menyebutkan akhlak terpuji (fase elaborasi)
Siswa memaparkan hasil diskusinya (faseelaborasi)
Siswa dan guru merefleksikan hasil pembelajaran (fase konfirmasi)
60 Menit
3
Kegiatan akhir :
Tanya jawab tentang akhlak terpuji
Guru memberikan tugas untuk menghafal salah satu surat pendek sebagai pengamalan
10 menit
F. Sumber belajar dan media pembelajaran :
1. Buku paket
2. Referensi lain
G. Penilaian
Indikator Pencapaian Kompetensi Jenis Penilaian Bentuk Penilaian Contoh Instrumen
Menunjukkan pengertian teguh pendirian
Menunjukkan contoh sikap teguh pendirian
Menyebutkan keuntungan bersikap teguh pendirian
Menyebutkan dampak negatif tidak bersikap teguh pendirian
Membuat rangkuman tentang sikap teguh pendirian
Menunjukkan pengertian dermawan
Menunjukkan contoh sikap dermawan
Menyebutkan keuntungan bersikap dermawan
Menyebutkan dampak negatif tidak bersikap dermawan
Tes tulis
Tes lisan
Non tes
Isian
Uraian
Performance
Sebutkan pengertian pengertian teguh pendirian!
Jelaskan pengertian dermawan!
Mengetahui
Kepala Madrasah
INDRA SABARIANTO,S.Pd.I
NIP.19730820 200501 1 003 Tembilahan , 2010
Guru bidang studi Aqidah Akhlaq
Drs. ZAINAL ABIDIN
NIP. 196212311994031024
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
MI : MIN TEMBILAHAN
Mata Pelajaran : Aqidah Akhlak
Kelas/Semester : V / 2
Alokasi Waktu : 2x40 menit (1 Kali pertemuan)
A. Standar Kompetensi
6. Membiasakan akhlak terpuji
B. Komepetensi Dasar
6.2 Membiasakan akhlak yang baik dalam hidup berte-tangga dan bermasyarakat.
C. Materi Pembelajaran
Pengertian dan contoh hidup bertetangga dan bermasyarakat
Keuntungan akhlak yang baik dalam hidup bertetangga dan bermasyarakat
D. Metode Pembelajaran
Ceramah : Metode ini digunakan untuk memulai kegiatan pembelajaran terutama untuk kegiatan awal.
Tanya jawab tentang akhlak terpuji yang siswa ketahui
Diskusi
E. Langkah-langkah Pembelajaran
No Uraian Kegiatan Waktu
1
Tujuan Pembelajaran :
Siswa dapat menjelaskan memahami pengertian hidup bertetangga dan bermasyarakat
Siswa dapat menyebutkan beberapa contoh akhlak dalam hidup bertetangga dan bermasyarakat
Kegiatan awal :
Apersepsi :
Memberikan pertanyaan seputar akhlak terpuji
Motivasi :
Memberikan informasi tentang akhlak terpuji
10 menit
2
Kegiatan inti :
Siswa membaca literatur tentang akhlak terpuji (fase eksplorasi)
Bertanya jawab tentang akhlak terpuji (fase eksplorasi)
Siswa diminta berdiskusi : menyebutkan akhlak terpuji (fase elaborasi)
Siswa memaparkan hasil diskusinya (faseelaborasi)
Siswa dan guru merefleksikan hasil pembelajaran (fase konfirmasi)
60 Menit
3
Kegiatan akhir :
Tanya jawab tentang akhlak terpuji
Guru memberikan tugas untuk menghafal salah satu surat pendek sebagai pengamalan
10 menit
F. Sumber belajar dan media pembelajaran :
1. Buku paket
2. Referensi lain
G. Penilaian
Indikator Pencapaian Kompetensi Jenis Penilaian Bentuk Penilaian Contoh Instrumen
Menunjukkan pengertian akhlak dalam hidup bertetangga dan bermasyarakat
Menunjukkan dalil tentang hidup bertetangga dan bermasyarakat
Menunjukkan contoh akhlak yang baik dalam hidup bertetangga dan bermasyarakat
Menyebutkan keuntungan berakhlak baik dalam hidup bertetangga dan bermasyarakat
Menyebutkan dampak negatif tidak berakhlak baik dalam hidup bertetangga dan bermasyarakat
Tes tulis
Tes lisan
Non tes
Isian
Uraian
Performance
Sebutkan akhlak dalam hidup bertetangga dan bermasyarakat!
Sebutkan contoh akhlak yang baik dalam hidup bertetangga dan bermasyarakat!
Mengetahui
Kepala Madrasah
INDRA SABARIANTO,S.Pd.I
NIP.19730820 200501 1 003 Tembilahan , 2010
Guru bidang studi Aqidah Akhlaq
Drs. ZAINAL ABIDIN
NIP. 196212311994031024
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
MI : MIN Tembilahan
Mata Pelajaran : Aqidah Akhlak
Kelas/Semester : V / 2
Alokasi Waktu : 2x40 menit (1 Kali pertemuan)
A. Standar Kompetensi
6. Menghindari akhlak tercela
B. Komepetensi Dasar
6.2 Membiasakan diri untuk menghindari sifat kikir dan serakah melalui kisah Qorun
C. Materi Pembelajaran
Pengertian kikir dan serakah
Dampak negatif sifat kikir dan serakah
Kisah Qorun
Sikap tercela Qorun
Hikmah dari kisah Qorun
D. Metode Pembelajaran
Ceramah : Metode ini digunakan untuk memulai kegiatan pembelajaran terutama untuk kegiatan awal.
Tanya jawab tentang akhlak terpuji yang siswa ketahui
Diskusi
E. Langkah-langkah Pembelajaran
No Uraian Kegiatan Waktu
1
Tujuan Pembelajaran :
Siswa dapat menjelaskan pengertian sifat kikir dan serakah
Siswa dapat menyebutkan beberapa contoh sikap kikir dan serakah dalam kehidupan sehari-hari
Siswa dapat menjelaskan kisah Qarun
Kegiatan awal :
Apersepsi :
Memberikan pertanyaan seputar akhlak terpuji
Motivasi :
Memberikan informasi tentang akhlak terpuji
10 menit
2
Kegiatan inti :
Siswa membaca literatur tentang akhlak terpuji (fase eksplorasi)
Bertanya jawab tentang akhlak terpuji (fase eksplorasi)
Siswa diminta berdiskusi : menyebutkan akhlak terpuji (fase elaborasi)
Siswa memaparkan hasil diskusinya (faseelaborasi)
Siswa dan guru merefleksikan hasil pembelajaran (fase konfirmasi)
60 Menit
3
Kegiatan akhir :
Tanya jawab tentang akhlak terpuji
Guru memberikan tugas untuk menghafal salah satu surat pendek sebagai pengamalan
10 menit
F. Sumber belajar dan media pembelajaran :
1. Buku paket
2. Referensi lain
G. Penilaian
Indikator Pencapaian Kompetensi Jenis Penilaian Bentuk Penilaian Contoh Instrumen
Menyebutkan pengertian kikir dan serakah
Menunjukkan contoh sikap kikir dan serakah dalam kehidupan sehari-hari
Menyebutkan akibat bersikap kikir dan serakah
Menyebutkan cara-cara menghindari sikap kikir dan serakah dalam kehidupan sehari-hari
Menceritakan kisah Qorun
Menyebutkan sifat-sifat tercela Qorun
Tes tulis
Tes lisan
Non tes
Isian
Uraian
Performance
Jelaskan pengertian kikir dan serakah!
Sebutkan contoh contoh sikap kikir dan serakah dalam kehidupan sehari-hari!
Mengetahui
Kepala Madrasah
INDRA SABARIANTO,S.Pd.I
NIP.19730820 200501 1 003 Tembilahan, 2010
Guru bidang studi Aqidah Akhlaq
Drs. ZAINAL ABIDIN
NIP. 196212311994031024
Tidak ada komentar:
Posting Komentar