Proses Belajar - Presentation Transcript
1. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar Konsep Belajar dan Mengajar
2. Makna Belajar
o Belajar merupakan perubahan tingkah laku atau penampilan dengan serangkaian kegiatan,misalnya dengan membaca,mengamati,mendengarkan,meniru.
o Arti luas, belajar artinyakegiatan psiko-fisik menuju ke perkembangan pribadi seutuhnya
o Arti sempit, belajar adl usaha penguasaan materi pengetahuan yang merupakan sebagian kegiatan menuju terbentuknya pribadi seutuhnya.
3. Tujuan Belajar
o Untuk mendapat pengetahuan.
o Ditandai dengan kemampuan berfikir.Dengan kata lain,tidak dapat mengembangkan kemampuan berfikir tanpa bahan pengetahuan,sebaliknyakemampuan berfikir akan memperkaya pengetahuan.
o Dalam hal ini,peranan guru sebagai pengajar lebih menonjol
4.
o Penanaman konsep dan ketrampilan Interaksi yang mengarah pada pencapaian ketrampilan akan menuruti kaidah-kaidahtertentu dan bukan semata-matahanya mengahafal atau meniru.
o Misalnya dengan metode role playing
5.
o Pembentukan sikap.
o Pembentukan sikap mental dan perilaku anak didik tidak akan terlepas dari soal penanaman nilai, transfer of values.
o Oleh karena itu,guru tidak hanya sekedar “pengajar” tetapi betul-betul sebagai pendidik yang akan memindahkan niali-nilai itu kepada anak didiknya.
6. Beberapa teori tentang belajar
o Teori belajar menurut ilmu jiwa daya.
o Jiwa manusia terdiri dari berbagai daya dan daya tersebut dapat dilatih dalam rangka untuk memenuhi fungsinya.
o Dalam hal inbi,bukan penguasaan bahan atau materinya,melainkan hasil dari pembentukan dari daya-daya itu
7.
o Teori belajar menurut ilmu jiwa.
o Teori ini berpandangan bahwa keseluruhan lebih penting daripada bagian-bagian/unsur.Belajar memecahkan masalah diperlukan juga suatu pengamatan secara cermat dan lengkap.
8.
o Teori balajar menurut ilmu jiwa asosiasi.
o Ilmu jiwa asosiasi berprinsip bahwa keseluruhan itu sebenarnya terdiri dari penjumlahan bagian-bagian atau unsur-unsurnya.Dari aliran ini terdiri dari dua teoriyang sangat terkenal: Teori Konektionisme , dari Thorndike dan Teori Conditioning dari Pavlov
9.
o Teori Konstruktivisme
o Konstruktivisme merupakan salah satu filsafat pengetahuan yang menekankan bahwa pengetahuan kita itu adalah konstruksi (bentukan) kita sendiri.
o Von Glasersfeld menegaskan bahwa pengetahuan bukanlah suatu tiruan dari kenyataan.
10. Faktor-faktor psikologis dalam belajar
o Motivasi,tergantung pada unsur pengalaman dan interest
o Konsentrasi,memusatkan pada segenap kekuatan perhatian pada situasi belajar
o Reaksi,dalam kegiatan belajar diperlukan keterlibatan unsur fisik maupun mental sebagai suatu wujud reaksi.
11.
o Organisasi,belajar dapat dikatakan sebagai kegiatan mengorganisasikan,menata atau menempatkan bagian-bagian bahan pelajaran ke dalam suatu pengertian.
o Pemahaman,yaitu menguasai sesuatu dengan pikiran
o Ulangan,kegiatan mengulang harus disertai pikiran dan bertujuan
Tidak ada komentar:
Posting Komentar