Senin, 28 Juni 2010

RPP IPS KELAS V

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Nama Sekolah : MIN Tembilahan
Mata Pelajaran : Ilmu Pengetahuan Sosial ( IPS )
Kelas/Semester : V/I
Alokasi waktu : 2 x 35 menit

Standar Kompetensi : Menghargai berbagai peninggalan dan tokoh sejarah
yang bersekala nasional pada masa Hindu, Budha, dan islam, keragaman, kenampakan alam dan suku bangsa serta kegiatan ekonomi di Indonesia
Kompetensi Dasar : menghargai keragaman suku bangsa dan budaya di Indonesia

Indikator :
 Menjelaskan materi keanekaragaman suku bangsa dan budaya di Indonesia
 Mengidentifikasi keanekaragaman suku bangsa dan budaya di Indonesia.
 Menceritakan keanekaragaman suku bangsa dan budaya di indonesia
 Mengurutkan suku bangsa di Indonesia berdasarkan abjad

Tujuan Pembelajaran :
Siswa dapat :
 Menjelaskan materi keanekaragaman suku bangsa dan budaya di Indonesia
 Mengidentifikasi keanekaragaman suku bangsa dan budaya di Indonesia.
 Menceritakan keanekaragaman suku bangsa dan budaya di indonesia
 Mengurutkan suku bangsa di Indonesia berdasarkan abjad

Materi Pembelajaran :
 Suku bangsa dan budaya di Indonesia
 Menghormati keanekaragaman suku bangsa dan budaya di Indonesia

Metode :
1. Ceramah
2. Demontrasi
3. Tanya jawab
4. Tugas

Langkah Pembelajaran :
1. Kegiatan awal Guru Murid Alokasi waktu
a. Salam
b. Absensi
c. Apersepsi a. a. Memberikan salam
b. Mengabsensi
c. Mengapersepsi a. Menjawab salam
b. Menjawab absensi
c. Menjawab apersepsi 10 menit
2. Kegiatan inti Guru Murid Alokasi waktu
a. Menyebutkan macam-macam suku di Indonesia.
b. Menunjukkan ciri khas suku-suku di Indonesia a. Menyuruh siswa yang dipilih secara acak untuk maju kedepan kelas untuk menyebutkan macam-macam suku di Indonesia
b. Menyuruh siswa yang dipilih secara acak untuk maju kedepan kelas untuk menunjukkan ciri khas suku-suku di Indonesia a. Siswa yang terpilih maju kedepan kelas dan menyebutkan macam-macam suku di Indonesia
b. Siswa yang dipilih maju kedepan kelas dan menunjukkan ciri khas suku-suku di Indonesia 45 menit
3. Kegiatan akhir Guru
Murid Alokasi waktu
a. Menyimpulkan
b. Tanya jawab
c. Salam a. Menyimpulkan pelajaran
b. Bertanya kepada siswa
c. Memberikan salam a. Menyimak kesimpulan pelajaran
b. Menjawab pertanyaan
c. Menjawab salam 15 menit
Sumber/bahan/alat : - Gambar
- Buku paket IPS kelas V/I, penerbit GANECA EXACT
- Referensi lainnya yang relevan

Penilaian :
• Jenis Tagihan : Tes
• Teknik : Tes tertulis
• Bentuk Instrumen : Uraian
Soal/intrumen :

1. Bhinneka Tunggal Ika berarti ?...
2. Tarian Zapin berasal dari daerah ?...
3. Tari Lilin berasal dari daerah ?...
4. Rumah Gadang berasal dari daerah ?...
5. Tarian Pendet berasal dari daerah ? ...




Mengetahui, Tembilahan, Oktober 2009
Kepala Sekolah Guru Bidang Studi


INDRA SABARIANTO,S.Pd.I M.RIFAAH

Tidak ada komentar:

Posting Komentar