Jumat, 18 Juni 2010

KONSEP KONSEP FILOSOFIS
TENTANG FILSAFAT PENDIDIKAN ISLAM

1. Konsep Filosofis Tentang Arti Pendidikan Islam
Pendidikan adalah suatu aktivitas untuk mengembangkan seluruh aspek kepribadian manusia yang berjalan seumur hidup. Dengan kata lain pendidikan tidak hanya berlangsung dalam kelas, tetapi berlangsung pula diluar kelas. Pendidikan bukan hanya bersifat formal saja, tetapi juga mencakup non formal.
Sejalan dengan penentuan prioritas bidang pembangunan, lebih – lebih pada bidang yang bersifat material, maka terdapat kecendrungan dalam bidang pendidikan untuk menjajalkan ilmu pengetahuan yang berhubungan dengan bidang material tersebut. Kecendrungan ini bertujuan baik, ia bermaksud menyesuaikan diri dengan iklim pembangunan dan kemajuan teknologi selain itu juga bermaksud untuk memenuhi kebutuhan tenaga-tenaga yang masih sangat kurang pada bidang-bidang tersebut. Akan tetapi karena bahan-bahan yang diberikan umumnya bersifat ekstrn dari inti kepribadian manusia, dengan sendirinya ciri pendidikan yang sangat nampak hanyalah lebih bersifat pengajaran.
Menurut Charles E.Siberman bahwa pendidikan tidak identik dengan pengajaran yang hanya terbatas pada usaha untuk mengembangkan intelektualitas manusia. Tugas pendidikan bukan melulu meningkatkan kecerdasan, melainkan mengembangkan seluruh aspek kepribadian manusia. Pendidikan merupakan sarana utama untuk mengembangkan kepribadian setiap manusia.

1 komentar:

  1. di kota tembilahan selama bulan juni terserang penyakit demam bola/'/'/'/'

    BalasHapus