Minggu, 18 Juli 2010

SISTEM PENGAJARAN

PENERAPAN DAN SITEM PENGAJARAN

Dalam lingkup yang lebih khusus, terutama dalam konteks kelas, psikologi belajar atau psikologi pembelajaran banyak memusatkan perhatiannya pada psikologi belajar dan pembelajaran. Fokusnya adalah aspek-aspek psikologis dalam aktivitas belajar. Sehingga dapat diciptakan suatu proses pembelajaran yang efektif. Upaya tersebut, dapat dilakukan dengan melakukan wujud prilaku pembelajaran yang efektif pada guru, dan mewujudkan prilaku belajar pada siswa yang terkait dengan proses pembelajaran.
Pernyataan tersebut menunjukkan bahwa psikologi belajar mempunyai peranan besar dalam proses pembelajaran khususnya bagi kita sebagai calon guru pendidikan agama islam. Maka, dalam makalah inipun mengangkat masalah metode penelitian psikologi belajar dan manfaat mempelajari psikologi belajar yang berhubungan langsung dengan pensdidikan agama islam.

MANFAAT PENERAPAN DAN PENGAJARAN
Bagi seorang guru, yang bertugas adalah sebagai pengajar, sangat penting memahami psikologi belajar. Kegiatan pembelajaran, termasuk pembelajaran pendidikan agama islam, sarat dengan muatan psikologis, mengabaikan aspek-aspek psikologis dalam proses belajar akan berakibat kegagalan, sehingga tujuan pembelajaran tidak tercapai. Beberapa peran penting psikologi belajar dalam proses pembelajaran adalah :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar