Minggu, 18 Juli 2010

KESULITAN BELAJAR

KESULITAN BELAJAR

Aktivitas belajar bagi setiap individu tidak selamanya dapat berlangsung secara wajar. Kadang cepat, kadang lambat menangkap apa yang dipelajarinya, kadang terasa amat sulit dalam hal semengat, terkadang semangat tinggi tetapi terkadang sulit untuk mengadakan konsentrasi demikian keadaan yang sulit kita jumpai pada anak didik dalam kehidupan sehari-hari dalam kaitannya dengan aktivitas belajar
Setiap individu memang tidak ada yang sama, perbedaan individu ini pulalah yang menyebabkan perbedaan tingkah laku dikalangan anak didik dalam keadaan dimana anak didik/siswa tidak dapat belajar sebagaimana mestinya itulah yang disebut kesulitan belajar. Kesulitan belajar merupakan kekurangan yang tidak nampak secara lahiriah, ketidak mampuan dalam belajar tidak dapat dikenali dalam wujud fisik yang berbeda dengan orang yang tidak kesulitan belajar.
Setiap siswa pada prinsipnya tertentu berhak memperoleh peluang untuk mencapai kinerja akademik ( academic performance ) yang memuaskan, namun dan kenyataan sehari-hari tampak jelas bahwa siswa itu memiliki perbedaan dalam hal kemampuan inteliktual, kamampuan fisik, latar belakang keluarga, kebiasaan dalam pendekatan belajar yang terkadang sangat mencolok antara seorang siswa dengan siswa lainnya.
A. Factor-faktor kesulitan belajar
Fenomena kesulitan belajar seorang siswa biasanya nampak jelas dari menurunnya kinerja akademik atau prestasi belajarnya. Namun, kesulitan belajar juga dapat dibuktikan dengan munculnya kelainan prilaku (misbehavior)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar