Selasa, 11 Oktober 2011

BAB III
METODE PENELITIAN

A. Objek Tindakan
Objek tindakan dalam penelitian ini akan dilaksanakan di kelas IV Madrasah Ibtidaiyah Nurul Huda Sungai Luar, tahun pelajaran 2010/2011. Dengan jumlah siswa 16 orang. terdiri dari 9 siswa laki-laki dan 7 siswa perempuan.

B. Setting Penelitian
1. Tempat Penelitian
Dalam penelitian ini penulis mengambil lokasi di Madrasah Ibtidaiyah Nurul Huda Sungai Luar Kecamatan Batang Tuaka Kabupaten Indragiri Hilir untuk mata pelajaran fiqih.

1. Waktu Penelitian
Dengan beberapa pertimbangan dan alasan penulis menentukan menggunakan waktu penelitian selama 3 bulan. Yaitu bulan Mei s.d Juli 2011. Waktu dari perencanaan sampai penulisan laporan hasil penelitian tersebut pada semester IX Tahun pelajaran 2011/2012.


Tabel.III.1
Jadwal Pelaksanaan Penelitian


NO
Jenis Kegiatan Waktu Pelaksanaan Bulan Ke-
Mei Juni Juli
1 2 3 4 1 2 3 4 1 2 3 4
1 Persiapan
Menyusun konsep
Pelaksanaan X
Menyusun Instrumen penelitian X
2 Pelaksanaan
Siklus I X X X X
Siklus II X X X
3 Penggolahan Hasil penelitian X X X

C. Desain Penelitian
Model Kemis & Mc Taggart menjadi acuan dari penelitian yang akan dilakukan peneliti. Konsep pokok penelitian tindakan Model Kemis & Mc Taggart terdiri dari empat komponen, yaitu ;
a. Perencanaan (Planning),
b. Tindakan (Acting),
c. Pengamatan (Observing), dan
d. Refleksi (Reflecting).
Hubungan keempat komponen tersebut dipandang sebagai siklus yang dapat digambarkan sebagai berikut:











Siklus I








Siklus II
s



Bagan I
(Model Penelitian Kemmis Dan Mc. Taggart)
























Bagan II
(Alur Pelaksanaan Penelitian Tindakan Kelas)



D. Teknik Pengumpulan Data
1. Teknik Pengumpulan Data
Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah RPP, Tes, Observasi, dan Dokumentasi.
a. Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)
Untuk mengetahui kesesuaian langkah-langkah pembelajaran dengan memperhatikan kondisi waktu yang digunakan selama pelaksanaan pembelajaran berlangsung.
b. Tes tertulis
Untuk mengetahui tingkat kemampuan dan hasil belajar siswa.
c. Observasi
Untuk mengetahui peningkatan aktifitas belajar siswa selama dalam proses belajar mengajar berlangsung dikelas.
d. Dokumentasi
Yaitu berupa lampiran-lampiran yang dilakukan dalam penelitian.







E. Data dan Pengumpulan Data
1. Sumber Data
1) Siswa
Data diambil dari siswa kelas IV Madrasah Ibtidaiyah Nurul Huda Sungai Luar Kecamatan Batang Tuaka yang berjumlah 16 peserta didik. Untuk lebih jelasnya bisa dilihat pada tabel dibawah ini.
Tabel III.2
Data Siswa Kelas I, II, III, IV, V, Dan VI
MI Nurul Huda Sungai Luar

No Kelas LK PR Jumlah
1 I 14 6 20
2 II 10 5 15
3 III 5 11 16
4 IV 8 7 15
5 V 5 10 15
6 VI 7 6 13
Jumlah 50 45 94
Sumber Data: Madrasah Ibtidaiyah Nurul Huda Sungai Luar Kecamatan Batang Tuaka 2011

Dengan tujuan untuk mendapatkan data tentang aktifitas belajar siswa dalam proses pembelajaran.
2) Guru
Untuk melihat tingkat implementasi pembelajaran dengan menggunakan metode demonstrasi dan aktivitas belajar siswa dalam proses pembelajaran.
3) Teman sejawat dan kolaborator
Teman sejawat dan kolaborator dimaksudkan sebagai sumber data untuk melihat implementasi penelitian secara komprehensif, baik dari sisi siswa maupun dari guru.
Kolaborator yang bertugas memberi masukan dalam penyusunan perencanaan penelitian dan mengadakan pengamatan pembelajaran yang dilakukan di kelas serta memberi umpan balik (peedback).
2. Pengumpulan Data
Ada 4 jenis alat pengumpulan data yaitu :
1) Observasi, digunakan untuk mengobservasi siswa dalam proses pembelajaran mulai dari awal sampai akhir pelaksanaan penelitian secara berkesinambungan.
2) Wawancara, digunakan untuk menggali respon siswa terhadap strategi motivatoris.
3) Catatan lapangan, berisi catatan yang ada dalam proses penelitian.
4) Diskusi dengan teman sejawat dan kolaborator, untuk memberi refleksi pada penelitian.

F. Teknik Analisa Data
Teknik analisa data pada penelitian ini adalah analisa data kualitatif.
Data yang diperoleh akan di analisis dengan menggunakan rumus teknik deskriptif dengan persentase sebagai berikut:
PA = NA x 100%.2
NT
Keterangan : PA = Menyatakan persentase jumlah siswa yang tidak efektif.
NA = Menyatakan jumlah siswa yang efektif.
NT = Menyatakan jumlah siswa keseluruhan.

G. Alat pengumpulan data
Alat pengumpulan data pada penelitian ini adalah sebagai berikut :
1) Perangkat pembelajaran atau Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)yang diajarkan disaat melakukan tindakan, terdiri RPP Siklus I (awal), RPP Siklus II dan RPP Siklus III.
2) Lembar observasi, untuk mengamati partisipasi siswa dalam pembelajaran.
3) Catatan-catatan harian bertujuan mencatat semua kejadian yang terjadi selama penelitian berlangsung,yang termuat dalam lampiran-lampiran.



H. Indikator Kinerja
Didalam penelitian ini, peneliti menetapkan suatu indikator kinerja guna menetapkan apakah suatu penelitian yang dilakukan ini sudah berhasil atau belum.
Adapun indikator pencapaian yang ditetapkan adalah :
1. Siswa dapat memahami praktik sholat Id.
2. Siswa mampu melaksanakan praktik sholat Id.
3. Jumlah siswa yang terlibat dalam kegiatan praktik mencapai 75%.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar